Sunscreen Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat - Airnderm



Sebagai pemilik kulit kombinasi normal-berminyak dan berjerawat, aku tahu susahnya nyari sunscreen yang cocok dan nyaman dipakai. Kebanyakan sunscreen yang dijual di pasaran memiliki tekstur yang cukup oklusif yang ujung-ujungnya malah membuat wajah nampak kusam. Solusinya biasanya adalah mencari sunscreen yang teksturnya cenderung gel atau yang memakai physical UV Filter yang biasa disebut physical sunscreen. 

Physical sunscreen ini biasanya cenderung memiliki tekstur yang agak kental dan mattifying tone-up finish, mirip seperti sunscreen yang sedang aku cobain di hampir 2 minggu terakhir ini; yakni Airnderm Sunscreen For Oily dan Acne Skin. Selain sunscreen, ada juga hydrating toner favorit banyak orang; Airnderm Hydrating Primer Toner dan juga Airnderm Aesthetic Moist Barrier. Ketiga rangkaian ini cocok sekali digunakan untuk kulit berminyak dan berjerawat, karena hidrasi dan efek calming-nya dapet banget, oil control-nya juga works. Kita bahas satu-satu yaa...

AIRNDERM HYDRATING PRIMER TONER

Toner ini berfungsi untuk menghidrasi, melembabkan kulit dan mengoptimalkan penyerapan skincare setelahnya. Kandungan utamanya yakni Sodium Hyaluronate, Glycerin, Aloe Vera Extract, Panax Gingseng Root Extract.  Aku biasa pakai sebanyak 2 layer dan ffek hidrasinya nampol banget. Teksturnya seperti air agak kental, ada licin-licinnya sedikit, dan punya efek oklusif sedikit. Dipakai metode CSM (kompress) buat pengganti sheetmask, enak banget sih.

Pernah suatu ketika kulitku sedang dehidrasi hingga skin barrier aku rusak; kulit terasa kering ketarik, gatal, perih, dan ga semua skincare yang aku punya pun bisa dipakai kala itu. Bahkan, gak semua hydrating toner yang aku punya bisa diterima kulitku, yang ada malah perih. Dan kerennya, Airnderm Hydrating Primer Toner ini bisa aku pake dan kulitku sedikit demi sedikit membaik (tentunya ditambah dengan rangkaian skincare lainnya ya).


Teksturnya cair agak kental


AIRNDERM AESTHETIC MOIST BARRIER

Aku uda cobain beberapa moisturizer dari Airnderm, dan kerennya, moisturizer racikan Airnderm tuh gak pernah gagal, sampe sering banget aku jadikan rekomendasi kalo ada temen yang tanya-tanya skincare, karena ya emang seenak itu; gak banyak neko-neko tapi to the point produknya.

Kiri: Moist Barrier, Kanan: Sunscreen

Nah, yang uda 2 minggu aku cobain ini adalah salah satu moisturizer yang menurutku sangat cocok untuk kulit kombinasi hingga berminyak karena memiliki tampilan yang velvet matte. Meskipun begitu, efek lembabnya nampol banget, dan justru gak bikin kulit terasa greasy. Kandungannya ada Squalane, Ceramide, Peptide (kecintaan aku!), Sodium Hyaluronate, dan 4 Terpineol bersatu padu untuk menghidrasi dan menjaga kelembaban kulit dengan baik.

Atas: Sunscreen,  Bawah: Moist Barrier Cream

Dipakai pagi maupun malam hari enak banget. Teksturnya gel namun gak perlu pakai banyak-banyak untuk mendapatkan kelembaban ekstra. Beneran pakai dikit aja uda berasa lembabnya. Ketika diratakan ada whitestreak lumayan banyak, namun tinggal ditap-tap aja, whitestreaknya udah hilang kok. Overall, adanya whitestreak gak menyusutkan niatku buat merekomendasikan ke temen-temenku kalo nyari moisturizer untuk skin barrier yang velvet matte tapi lembabnya nampol. Ini cocok buat all skin type, meskipun oily skin bakalan suka banget-banget.


SUNSCREEN ACNE & OILY SKIN

Produk terbaru dari Airnderm ini memang diformulasi khusus untuk kulit berminyak berjerawat. Formulanya "oil free", memiliki tekstur yang lembut dan ringan. Pengaplikasiannya cukup mudah dan setelah diratakan, ada efek tone up di wajah. Sunscreen Airnderm ini termasuk hybrid sunscreen, memiliki kandungan UV Filter Ethylhexyl Methoxycinnamate, Benzophenone-3 (Oxybenzone), dan Titanium Dioxide. Secara klaim, Sunscreen ini memiliki SPF 30, namun seperti belum ada pengujian di laboratorium karena aku tidak melihat tulisan SPF PA di kemasan maupun di website BPOM.


Yang menarik lagi, Sunscreen Airnderm ini juga memiliki kandungan skincare benefit. Ada Niacinamide yang merupakan kandungan "serba bisa" karena dapat mencerahkan kulit, dia juga bisa mengontrol sebum, merawat jerawat, melembabkan, dsb. Ada juga Witch Hazel Extract yang berfungsi untuk merawat kulit berjerawat, meredakan iritasi, atau peradangan jerawat, serta sebagai antioksidan untuk kulit wajah. Selain itu, ada Aloe Vera Extract yang berfungsi untuk melembabkan, menghidrasi, dan meredakan jerawat di kulit wajah.



Aku sudah pakai Sunscreen Acne & Oily Skin dari Airnderm ini selama hampir 2 minggu, dan ternyata aku cocok. Selama mencoba produk ini, tidak ada kendala sama sekali, dan aku cukup  nyaman sama finishnya yang mattifying dan tone up. Kulitku jadi nampak lebih cerah dan gak kusam.

Untuk proteksi UV Filternya, aku juga melakukan pengujian sederhana menggunakan UV Camera dan UV Detector. Untuk kalian yang belum tahu apa itu UV Camera, dia adalah kamera yang memancarkan sinar UV dan akan menampilkan wajah kita yang terpapar sinar UV di layar kamera tersebut. UV camera sering difungsikan untuk melihat coverage dari sebut pengaplikasian sunscreen di wajah. Wajah akan berwarna hitam seperti oli jika menggunakan sunscreen yang berbahan chemical UV Filter, sedangkan hitam keabu-abuan jika menggunakan sunscreen dengan physical UV Filter.

Sedangkan UV Detector adalah sejenis plastik yang bisa berubah warna (menjadi ungu) ketika terpapar dengan sinar UV. Dan hasil dari pengujian sederhanaku menggunakan 2 alat tersebut adalah;

1. Pada UV Camera, terlihat bahwa Sunscreen Airnderm ini adalah hybrid sunscreen yang cenderung physical UV Filternya, karena tampilannya hitam keabu-abuan, meski secara coverage, UV Filternya masih terlihat agak samar.

2. Namun di UV Detector, terlihat bahwa UV Filternya cukup pekat untuk menghalangi sinar UV.



Saranku, jika kamu menggunakan sunscreen ini untuk aktivitas di luar ruangan, hendaknya pakai yang agak tebal yaaa. Tapi overall, produk ini memang memiliki UV Filter yang cukup pekat kok.

Dari ketiga produk yang aku coba ini, kira-kira kalian tertarik sama produk apa?

Tulis di kolom komentar yaaa!


~

Kenalan lebih dekat yuk!

Instagram Ema Ervita

Instagram Airnderm

Link Pembelian: Klik disini


Comments

Popular Posts