Belajar Pakai Sunscreen Bareng Ema, Yuk!

Hai, Rek!

Hayooo siapa disini yang belum rutin pakai sunscreen?

Beberapa waktu terakhir ini, edukasi mengenai pentingnya penggunaan sunscreen ini semakin gencar dilakukan baik oleh pelaku industri kecantikan, maupun edukator, hingga influencer dan skincare reviewer. Kalo diinget jaman aku sekolah SMP dulu, masih jarang banget yang tau soal sunscreen, dan kalau pun tau dan pakai, belum tau juga takaran pakai 2 jari penuh sesuai yang disarankan para ahli sekarang.

Foto ini hanya ilustrasi untuk menunjukan takaran penggunaan penggunaan


Nah!! Pakai sunscreen itu 2 jari penuh yaaa, lebih tepatnya 1,25ml sekali pakai. Itu pun kita harus tetap reapplymengaplikasikan ulang selama 2-3 jam sekali karena proteksi sunscreen akan menurun seiring berjalannya waktu dan aktivitas kita. Oke, mungkin beberapa dari kamu yang masih pemula/ baru akan memakai sunscreen/ baru coba terus gak suka dengan after feel pakai sunscreen, bikin kamu tertekan, "Hah, pakai 2 jari aja belum, ini udah ngomong soal reapply", hahahaha😂😂

Oke oke, kita pelan-pelan dulu belajarnya yaa. Sesungguhnya, aku pun newbie dalam memakai sunscreen. Aku baru berhasil memakai sunscreen 2 jari penuh itu di 2021 ini kok. Loh kok bisa? Yaaa emang edukasi soal sunscreen dulunya belum nyampe ke aku aja, dan aku mulai nyoba pakai sunscreen di 2019, eh terus bruntusan dan malah nyalahin sunscreen-nya. Padahal, saat itu aku belum kenal juga yang namanya double cleansing (metode cuci muka 2x) karena beberapa formulasi sunscreen memang tidak hilang hanya dengan 1x cuci muka dan harus pakai oil based cleanser. Nah, apalagi tuh double cleansing, wkwkwk, nanti lain waktu aku cerita soal double cleanse ini yaaa. Kita balik lagi ke sejarahku belajar pakai sunscreen dan rekomendasi sunscreen yang enak dipakai oleh pemula.

Setelah mengalami pengalaman ga enak pakai sunscreenpada awal 2020 aku didukung sama beberapa teman untuk kembali pakai sunscreen. Temenku kasi rekomendasi satu sunscreen yang nyaman digunakan, dan ga lama langsung kubeli dan kupakai. Kali ini, aku sudah tau teknik double cleanse, jd meminimalisir bruntusan akibat sunscreen yaa. Dan pertama kali aku pakai, aku pakai hanya sebanyak satu ruas jari aja. Aku tau, itu belum sesuai aturan pakai, tapi karena sedang adaptasi dengan hal baru, aku lebih mementingkan proses adaptasi yang menyenangkan supaya lebih konsisten hasilnya (tiap orang pasti punya cara berbeda untuk beradaptasi hal baru kan?!)

Dari situ, satu dua bulan, aku sudah terbiasa pakai sunscreen, lalu sedikit-sedikit kunaikan dosis pakainya menjadi 2 ruas jari. Bulan berikutnya 3 ruas jari... hingga pada Januari 2021 aku berhasil pakai sunscreen sebanyak 2 jari penuh. Memang proses yang agak panjang, tapi aku senang karena konsisten dalam praktiknya. Karena menurutku, ber-skincare itu yang penting HAPPY yaaa (hmm buat segala hal sih). Kalo dengan perasaan senang, pasti akan lebih konsisten ga sih ngejalaninnya?!

Alon-alon sing penting kelakon, maksudku adalah pelan-pelan gapapa yang terpenting pada akhirnya juga tercapai tujuannya. Dannn... akhirnya aku berhasil konsisten pakai sunscreen hingga sekarang... dan PR-nya tinggal belajar rajin reapply aja nih, woho semangat!!

Buat kalian yang pemula kaya aku, aku ada rekomendasi sunscreen untuk pemula, bisa klik artikelnya DISINI.

Comments

Popular Posts